Pilih Laman

MAK JURUSAN ADMINISTRASI

 

Jurusan ilmu administrasi ini fokus kepada aspek-aspek pengendalian, perencanaan, dan juga pengorganisasian suatu instansi-instansi publik maupun swasta-swasta agar mencapai tujuan-tujuannya akhir yang telah ditetapkan. Kamu akan banyak-banyak melakukan kajiannya terhadap di berbagai kebijakan. 

 

    Pengetahuan dan Keahlian 

 

-Kemampuan Melakukan Analisis

-Kemampuan Komunikasi 

-Kemampuan Berpikir Strategies

-Kemampuan Manajerial

-Kemampuan Mengelola Organisasi

-Pemahaman Matematika

 

Apa Sajakah yang dipelajari di jurusan administrasi? 

 

Jurusan Ilmu Administrasi ini adalah merupakan fokus pada aspek-aspek pengendalian, perencanaan, dan juga pengorganisasian suatu instansi-instansi publik maupun juga swasta agar mencapai tujuan-tujuannya akhir yang telah ditetapkan. Teman-teman Akan banyak melakukan kajian-kajian terhadap di berbagai kebijakan-kebijakan di sektor publik, fiskal, bisnis, sesuai dengan apa yang fokus di studimu.

 

Jurusan administrasi publik harus pintar apa? 

 

    Jika meraih gelar-gelar Sarjana Administrasi Negara, teman-teman pintar harus menguasai konsep-konsep teori Organisasi, manajemen sektor publik, kepentingan publik sehingga metode-metode penyelesaian masalah-masalah administrasi publik

 

Jurusan Administrasi ini cocok Kerja apa? 

 

    Beberapa jenis pekerjaan-pekerjaan para lulusan jurusan administrasi Negara :

 

  • 2 asisten peneliti
  • Staf ataupun anggota legislatif pusat maupun daerah
  • 4 anggota political
  • 7 konsultan pemerintahan
  • 6 jurnalis pemerintahan atau political
  • Aparat pemerintah
  • Aktivis LSM ataupun Organisasi masyarakat

 

Apakah Administrasi Dibutuhkan? 

 

   Administrasi ini sangat-sangat dibutuhkan oleh sebuah organisasi ataupun perusahaan agar dapat melakukan penyusunan-penyusunan untuk mencapai tujuan. Penyusunan-penyusunan yang perlu dilakukan yaitu seperti , upaya-upaya membangun setiap komunikasi dan hubungan-hubungan antar anggota ataupun karyawan-karyawan menjadi mudah untuk dipahami. 

 

Apa sajakah contoh administrasi? 

 

  -Administrasi kependudukan seperti-seperti pembuatan kartu keluarga, KTP, Surat kematian, Akta lahir,dan lain-lain sebagainya

  -Administrasi kependudukan seperti-seperti membuatkan jadwal pelajaran, mengurus Surat menyurat, serta juga mengatur aktivitas-aktivitas sekolah. 

 

Apa perbedaan antara administrasi dan manajemen? 

 

Administrasi ini bertugas untuk menentukan-menentukan tujuannya, menyusun kebijakan, dan sekaligus juga membuat formulasi dari  rencana-rencana yang dibuatnya. Sedangkan manajemen ini bertugas sebagai-sebagai pelaksanaan atau aktor-aktor dalam menerapkan rencana maupun kebijakan-kebijakan yang telah dibuatnya. 

 

Apa peran seorang admin? 

 

   Admin adalah seseorang yang mengurusi-mengurusi tata kelola administrasi, seperti membuat laporan, mengurus berkas-berkas, dan juga pengarsipan hingga peraturan-peraturan keuangan. Seorang admin itu seharusnya detail, cekatan, dan juga teliti saat menginput-menginput dan memprosesnya data-data di perusahaannya. 

 

Apa tujuan dari administrasi? 

 

   Administrasi-administrasi ini bertujuan untuk memonitoring kegiatan-kegiatan ataupun data-data yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan. Agar pengelola-pengelola usahanya bisa mengevaluasikan suatu kegiatan-kegiatan dalam pengorganisasian perusahaan-perusahaan. Administrasi-administrasi bertujuan untuk menyusun-menyusun suatu program pengembangan-pengembangan usahanya dan suatu kegiatan-kegiatan pengorganisasian. 

 

Apa perbedaannya jurusan administrasi perkantoran dan manajemen perkantoran? 

 

   Administrasi perkantoran dan juga manajemen perkantoran ini bisa dibilang memiliki definisi-definisi yang sama. Hanya saja istilah-istilah administrasi perkantoran ini sering digunakan untuk hal-hal yang pemerintahan negaranya, sedangkan manajemen perkantoran ini lebih banyak dari berhubungan dengan perusahaannya

 

Apa sih tugas dari administrasi perkantoran? 

 

   WH Evans ini adalah seorang pakar administrasi perkantoran-perkantoran menyebutkan bahwa tugas-tugas administrasi perkantoran ialah sebagai fungsi-fungsi yang berkaitan dengan manajemen-manajemen dan juga mengarahkan semua tahapan-tahapan operasi perusahaan mengenai penggunaan memori, informasi-informasi, sorta juga komunikasi organisasi. 

 

    Lalu apa sih tugas-tugas administrasi perkantoran yang utama ini? Jadi tugas-tugasnya yaitu : mengelola dokumen, melakukan rekapitulasi data, dan juga menyimpan dokumen-dokumen dengan terstruktur. Dari tugas-tugas utama ini, kita bisa menurunkan-menurunkan beberapa tugas-tugas administrasi perkantorannya yang meliputi sebagai berikut : 

 

  • Berkomunikasi Menggunakan Telepon

Administrasi kantor ini pada umumnya memiliki tugas-tugas yang paling penting yaitu berkomunikasi dengan Menggunakan telepon, penerima, dan juga panggilan-panggilan dari luar. Pada tugas-tugas ini seorang administrator juga perlu memiliki Keterampilan-keterampilan komunikasi yang baik. 

 

  • Membuat Segala Agenda Kantor

Dengan adanya tugas-tugas untuk berkomunikasi via telepon, memunculkan kemungkinan adanya mitra-mitra yang menginginkan pertemuan-pertemuan dengan manajemen perusahaannya atau juga dengan departement-departement lainnya. Tugas-tugas lain dari administrasi kantor-kantor ini juga diperlukan guna mempersiapkan agenda-agenda untuk kegiatan tersebut. 

 

  • Entri data pada perusahaannya? 

Tugas-tugas selanjutnya yang penting diterapkan di setiap kantor-kantor untuk pekerjaan ini biasa nya yaitu adalah masalah-masalah entri data ataupun rekap data. 

 

Bagaimana ruang lingkup pekerjaan administrasi perkantoran? 

 

    Dari berbagai macam-macam tugas-tugas administrasi perkantoran di atas , kita sebenarnya bisa memperkirakannya dengan apa saja yang harus dikerjakan. Dengan kita tahu cakupan-cakupan atau ruang lingkup dari administrasi perkantoran-perkantoran, kita juga dapat mempersiapkan diri mempelajari-mempelajari skill apa saja yang dibutuh-dibutuhkan nantinya. Ruang lingkup tugas-tugas administrasi perkantoran itu meliputi :

 

   1.Kegiatan kantor

   2.Sarana kerja Kantor

 

Apa sih tujuan-tujuan administrasi perkantoran? 

 

   Secara umum, tujuan-tujuan dari proses manajemen perkantoran ini ialah supaya tujuan-tujuan perusahaan bisa tercapai dengan efektif-efektif dan efisien ini serta memenuhi syarat-syarat dari segi teknis psikologis dan ekonomi.

 

1.Teknis yaitu mempunyai manfaat dan daya guns

2.Ekonomis-ekonomis yaitu harga-harga yang pantas atau sesuai dengan yang semestinya

3.Psikologisnya yaitu memberi kepuasan

 

    Nah, Berikut ini adalah merupakan tujuan-tujuan administrasi perkantoran secara lengkap 

 

1.Menyediakan data-data dan informasi yang lengkap-lengkap kepada pihak-pihak yang membutuhkan untuk pelaksanaan tugas-tugas organisasi dengan efektif-efektif dan efisien

2.Menerapkan kebijakan perusahaan-perusahaan atau departemen dan memberikan-memberikan standar pelayanan-pelayanan yang baik dalam kaitannya dengan manajemen-manajemen

3.Melakukan pengawasan-pengawasan pekerjaan Kantor dan administrasi-administrasi supaya dapat memastikan terlaksanaan nya standar, tenggat waktu, kualitas, dan prosedur secara tepat.

4.Berkomunikasi dengan karyawan-karyawan mengenai prestasi-prestasi kerja untuk mengidentifikasi masalah-masalah dan penyebabnya. 

 

Apa fungsi administrasi perkantoran? 

 

   Ada lima jenis-jenis fungsi pendukung administratif di perkantoran yaitu adalah fungsi teknis, fungsi rutin, fungsi analisis, fungsi interpersonal, dan juga manajerial. Berikut ini adalah fungsi-fungsi dari administrasi perkantoran yaitu : 

 

    1.Fungsi Teknis 

          Fungsi ini adalah merupakan fungsi teknis yang memerlukan pendapat-pendapat, keputusan, serta juga keterampilan perkantoran yang mumpuni bagi-bagi para administrator

  

    2.Fungsi Rutin

           Fungsi Rutin ini adalah fungsi administrasi yang memerlukan pemikiran-pemikiran dan juga keterampilan, yang setidaknya itu meliputi-meliputi pengarsipan dan penggandaan barang perusahaannya

   

    3.Fungsi Analisis

            Fungsi Analisis ini adalah yaitu fungsi analisis yang memerlukan cara-cara berpikiran kritis dan kreatif-kreatif serta kemampuan-kemampuan mengambil suatu keputusan secara cepat dan juga tepat. 

 

    4.Fungsi Interpersonal

           Fungsi interpersonal ini yaitu yang memerlukan analisis-analisis dan penilaian sebagai dasar-dasar agar saat memutuskan sesuatu serta juga keterampilannya dalam berkomunikasi dengan orang-orang lain secara baik

 

     5.Fungsi Manajerial

  1. Fungsi Manajerial ini adalah yang memerlukan suatu perencanaan-perencanaan, pengukuran, pengorganisasian, dan juga memberikan motivasi-motivasi kepada karyawannya