Instagram Marketing
Instagram Marketing – Instagram marketing saat ini sedang menjadi trend di kalangan pelaku pemasaran online atau yang biasa dikenal dengan nama Internet Marketeer. Lho kenapa Instagram? Bukannya media sosial yang paling populer saat ini Youtube ya? Iya, betul. data dari Hootsuite menunjukkan bahwa media sosial paling kondang saat ini memang Youtube. Namun Instagram tetap menjadi media sosial paling populer dalam foto dan video. Ya, Instagram memang sangat memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur yang mendukung tampilan foto dan video secara maksimal. Tak heran jika Instagram menjadi “kolam” tempat berkumpulnya anak muda yang ngehits dan kekinian.
Bagi pebisnis online, hal ini merupakan peluang pasar. Peluang untuk memasarkan produk dan jasa kita pada segmen pasar anak muda yang kreatif, inovatif dan memiliki tingkat ekonomi menengah ke atas. Fitur Instagram yang mengutamakan tampilan foto dan video, memaksa penggunanya harus selalu memiliki paket data atau terhubung dengan internet. Hal ni berbeda dengan Faceboo yang memiliki fitur mematikan paket data sehingga hanya menampilkan tulisan saja, Selain itu, pengguna Instagram juga biasanya memiliki handphone dengan resolusi kamera yang tinggi. Hal ini untuk menunjang mereka dalam mengambil foto atau video dengan resolusi tinggi.
Tak heran jika kini banyak orang yang memanfaatkan instagram sebagai sarana untuk menjual barang dan jasanya. bahkan selebritis yang sudah terkenal dan memiliki banyak uang juga melakukan hal yang sama. Mereka memanfaatkan follower setianya untuk mempromosikan produk orang lain atau endorse, bahkan banyak juga yang memasarkan produk mereka sendiri. Nah jika selebritis yang sudah kaya raya dan terkenal saja masih mau jualan di Instagram, kenapa kita enggak?
Instagram Marketing Yang Efektif
PT Kombas Digital Internasional kembali menyelenggarakan sharing session kali ini dengan tema Instagram Marketing. Kegiatan ini bertempat di aula Khazanah Institute, sebuah Lembaga Pendidikan Perbankan Syariah setara D1 yang bertempat di Jalan HR Bunyamin No. 11B. Khazanah Institue telah berdiri sejak tahun 2015 dan telah meluluskan tiga angkatan mahasiswa.
Narasumber utama dalam acara ini adalah Pak Paryoto selaku Direktur Divisi Kombas Akademi, PT Kombas Digital Internasional. Materi yang disampaikan adalah mindset instagram marketing. Mindset ini penting karena setiap medis sosial memiliki karakteristik tersendiri. Konsekuensinya cara pengelolaan dan optimasinya juga berbeda dengan medis sosial lainnya seperti Facebook ataupun Youtube. materi selanjutnya adalah tehnik riset produk dan kompetitor di Instagram.
Hal ini penting untuk mengetahui peta persaingan produk dan kompetitor yang ada. Riset ini penting untuk mengetahui posisi kita dalam persaingan, serta merumuskan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan tersebut. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan deskram. Tools ini sangat berguna untuk melihat kompetitor yang ada, hastag yang mereka gunakan serta untuk mencuri follower mereka.
Mengumpulkan follower terterget merupakan kunci dari sistem pemasaran dalam instagram marketing. Follower tertarget adalah follower yang memang membutuhkan atau menyukai produk kita. Dengan demikian proses promosi akan lebih mudah dilakukan, karena kita memasarkan produk dan jasa ke orang yang membutuhkannya.