Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual
Jurusan desain komunikasi visual ini adalah bagian – bagian dari ilmu desain nya yang mempelajari tentang konsep komunikasi dan juga ungkapan – ungkapan kreatifnya,dengan memanfaatkan elemen – elemen visual untuk menyampaikan pesan – pesannya dengan tujuan tertentu.
Pengetahuan dan keahlian
-Keterampilan menggambar teknis – teknis
-Kemampuannya melakukan analisis
-Kemampuannya mengoperasikan software gambar
-Kemampuan komunikasi tekstual, verba, dan visual
-kemampuan berpikir kritis
-inovatif dan kreatif
Prospek Kerja :
Prospek pekerjaannya untuk sarjananya itu DKV tidak pernah sepi, karenanya di setiap industri membutuhkan seseorang yang bisa ataukah mampu menyampai – nyampaikan sebuah pesan dengan secara visual. Selling itu juga, Quipperlannya juga bisa bekerja dengan baik secara mandiri.
Apa itu Desain Komunikasi Visual?
Desain Komunikasi Visual ini adalah merupakan jurusan kuliah yang masih menjadi bagian – bagian dari ilmu seninya. Sebelum dikenal dengan sebutan DKV ini , Jurusan ini dulunya dinamakan Desain Grafis. Maha siswa – Mahasiswa Desain Grafis. Mahasiswa – Mahasiswanya desain grafis dulunya lebih banyak belajar – belajar tentang grafis ataupun gambar – gambar 2D pada media cetak, cukup berbeda – beda dari materi perkuliahan DKV seperti sekarang ini.
Sekarang kini, DKV sudah berkembang dengan cangkupan – cangkupan yang jauh lebih luas. Selain itu juga Desain Grafis 2D , Mahasiswa – Mahasiswa jurusan desain komunikasi visual juga belajar – belajar tentang grafis 3D bergerak pada bermacam – macam medianya, seperti interaktiv web maupun media elektronik. Nah, Teman – teman tertarik untuk mengenal DKV?
Jurusan Desain komunikasi visual : Titik Temu Antara Desain dan Seni
Desain komunikasi visual ini adalah merupakan jurusan yang dimana kita belajar – belajar tentang bagaimana menggunakan elemen – elemen visual untuk menyampaikan sesuatu pesan secara efektif, komunikatif, dan informatif. Media – media yang digunakan untuk menyampaikan pesan – pesan tersebut bisa berupa, video, gambar, maupun media visual lainnya.
Pesan – pesan yang dikomunikasikan atau disampaikan melalui – melalui suatu media visual merupakan ungkapan – ungkapan kreativitasnya seseorang desainer. Dalam menghasilkan karyanya seseorang desainer ini menggunakan elemen – elemen grafisnya yang meliputi tatanan huruf, gambar, layout, bentuk hingga komposisi – komposisi warna.
Kosentrasi Ilmu Desain
Ditingkat Pendidikan Tinggi
Tahukah teman – teman , jurusan DKV di perguruan Tinggi pada umumnya terpilah lagi – lagi menjadi beberapa kosentrasi atau peminatan. Juga akan tetapi, peminatan pada satu kampus tidak selalu sama dengan peminatan di kampus lain.
Misalnya, Permintaan – permintaan atau kosentrasi DKV ITB yaitu adalah Komunikasi Multimedia, Komunikasi Grafis, dan visual periklanan. Menginjak – nginjak semester ke 6 mahasiswa – mahasiswa jurusan DKV ITB itu baru bisa menentukan – menentukan kosentrasi yang diminatinya.
Bagaimana juga peminatan atau kosentrasi – kosentrasi di DKV kampus – kampusnya yang lain? Ada desain komunikasi visual animasi, desain komunikasi visual periklanan, desain komunikasi grafis, desain komunikasi multimedia, desain komunikasi visual new media. Dari seluruh – seluruh kosentrasi DKV tersebut. Apakah teman – teman sudah ada yang menarik – menarik minatmu sejak sekarang?
Kampus – kampus yang Ada Jurusan Desain Komunikasi Visual itu
Selain ITB, kampus – kampus mana lagi yang mempunyai jurusan Desain Komunikasi visual? Beberapa PTN – PTN ini jurusan DKV yang telah di terakreditasi A BAN-PT Antara lainnya yaitu Universitas Sebelas Market, Institut Seni Indonesia Denpasar, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan Universitas Negeri Malang.
PTS dengan ini menggunakan Jurusan Desain komunikasi visual terakreditasi A BAN-PT justru lebih banyak . Beberapa diantaranya adalah Institut kesenian Jakarta, Universitas kristen petra, Institut teknologi nasional bandung, Universitas bunda mulia, universitas telkom, universitas paramadina, dan universitas bina nusantara.
Ruang Lingkup Desain
Komunikasi Visual
Sebenarnya Ada banyak – banyak karya DKV yang kita nikmati dalam kehidupan – kehidupan sehari – harinya. Iklan – iklan di media elektronik maupun cetaknya merupakan salah satunya contoh dari Desain komunikasi visual. Animasi, Poster, brosur, katalog hingga kemasan – kemasan produknya ini juga merupakan contoh desain komunikasi visual yang dapat dengan mudah atau dengan cepat kita jumpai.
Mama, ruang lingkup pekerjaan ini seseorang desainer ini pun tidak jauh – jauh dari karya – karyanya tersebut. Desain multimedia, desain periklanan, desain grafis industri, bercerita bergambar, animasi, ilustrasi bahkan videografi dan fotografi termasuk ke dalam – dalam ruang lingkup desain komunikasi visual.
Agar mengusai atau memiliki seluruh skill yang diperlukan untuk mencipta – ciptakan berbagai karya – karya tersebut, Ada berbagai – bagai mata kuliah Desain komunikasi visual yang harus dipelajarinya. Beberapa mata – mata kuliah DKV Antara lainnya rupa dasar 2D, Desain dan pengantar rekayasa , tipografi aplikatif, komunikasi visual, metode produksi, narasi visual, dan fotografi dan lain – lainnya.
Prospek Kerja Desain
komunikasi Visual
Seiring dengan semakin berkembang – kembangnya industri kreatif, semakin juga dibutuhkan pula lulusan DKV. Perusahaan penerbitan, konsultan branding, hingga humas yang di perusahaannya swasta maupun juga instansi pemerintahan membutuhkan lulusan