Mahasiswa FEB
FEB ini merupakan terdiri dari atas 3 jurusan , yaitu ilmu-ilmu manajemen, ilmu-ilmu ekonomi, dan akuntansi.
Di hadapan ribuan-ribuan mahasiswa baru ini pula disampaikan prestasi-prestasinya FEB, baik di tingkat-tingkat nasional maupun juga international. Diantaranya yaitu adalah FEB berhasil meraih akreditasi-akreditasi A untuk semua-semua jurusan, dan saat ini juga sedang merintis-rintis akreditasi AACSB dan ABEST21 di tingkat-tingkat internasional. Pemaparan-pemaparan ini disambut dengan secara tepuk tangan meriah dari para mahasiswa-mahasiswa barunya.
“Teman-teman harus bangga bisa diterima di FEB-FEB”, Ungkap-ungkap gugus memberikannya semangat.
Kegiatan-kegiatan PK2 Maba merupakan kegiatan untuk mahasiswa-mahasiswa nya baru terdiri atas kegiatan persiapan-persiapan orientasi kemahasiswaan (ormawa) dan orientasi pendidikan (ordik). Tujuan-tujuan umum PK2 yaitu Maba adalah memperkenalkan mahasiswa-mahasiswa baru pada kehidupan kehidupan kampus agar mahasiswanya lebih mudah untuk beradaptasi dengan berbagai kegiatan-kegiatan di Perguruan Tingginya. Kegiatan-kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari, 2 harinya untuk melakukan ormawa dan juga 2 harinya untuk melakukan ordik. Dalam kegiatan-kegiatan PK2 Maba ini, mahasiswa-mahasiswa tidak hanya diberikan materi-materi di lapang, tapi juga diwajibkan untuk mengikuti materi-materi ruang yang diisi oleh dosen-dosen Feb nya.
Feb itu singkatan dari apa?
Fakultas ekonomi dan bisnis(FEB) , menerima mahasiswa-mahasiswa baru di tahun akademik, dan universitas brawijaya (UB).
Lulusan FEB jadi apa?
Fakultas Ekonomika dan Bisnis ini mampu mengisi-mengisi peluang kerja di berbagai bidang-bidang : Pegawai Negeri (PNS), Kantor Akun Publik (KAP) , dan Perusahaan Sektor Industri jasa.
Latar Belakang Sejarah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Airlangga
Semula dari gagasan-gagasan ini para mahasiswa Indonesia di Rotterdam Belanda antara lainnya yaitu Sumitro, Fadjar Notonagara, dan kawan-kawan yang ingin mendirikan perguruan tinggi-tinggi ekonomi. Sekembalinya ke Indonesia ini , sekitar tahun 1952/1953 berdirilah suatu Perguruan-perguruan tinggi ekonomi nya di Surabaya dengan nama-nama perguruan tinggi di Krisna Dwipayana. Di bawah naungan yayasan-yayasan Krisna Dwipayana ini yang di dirikan oleh DR. Ong Eng Djie. Beliau ini adalah Menteri-Menteri Keuangan Republik Indonesia.
Pada tanggal 15 September 1954 upacara-upacara pembukaan PTES dilangsungkan di -fakultas-fakultas kedokteran universitas airlangga. Acara-acara tersebut di hadiri oleh Badan Pengurus Yayasan-Yayasan itu, Dewan-dewan kurator yang untuk pertama kalinya diketuai oleh Komodor Mohamad Nazir yang dikemudian hari-hari menjadi Menteri-Menteri Pelayaran R.I sengaja dengan melibatkan-melibatkan ALRI dengan alasan-alasan antara lainnya Surabaya yaitu adalah Kota-kota Angkatan Laut yang begitu sangat dominan.
Perkembangan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Airlangga
1.Perkembangan Program Studi
Sejak awal-awal berdirinya, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Airlangga sudah memiliki dua Program-program studi, yaitu Ekonomi Umum dan Ekonomi Perusahaan yang notabene merupakan kelanjutannya dari PTES, dan baru pada tahun-tahun akademik 1962/1963 ditambah-tambahkan dengan program-program Studi Akuntansi. Berdasarkan keputusan-keputusan konsorsium Ilmu-ilmu Ekonomi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dalam rapatnya bulan-bulan Oktober 1979,maka Fakultas-fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga mengadakan perubahan-perubahan nama program-program studinya, yaitu :
1.Program-program Studi Ekonomi Perusahaan menjadi program-program Studi Manajemen
2.Program-program Studi Akuntansi tidak mengalami perubahan nama
3.Program-program Studi Ekonomi Umum menjadikan Program Studi Ilmu Ekonomi nya dan Studi Pembangunan, selanjutnya berubah ubah menjadi Ekonomi Pembangunan
Sejak berdirinya, Fakultas ekonomi-ekonomi dan bisnis Universitas Airlangga menggunakan sistem-sistem kenaik kan tingkat, tingkat sarjana muda, mulai dari tingkat pertama, sampai tingkat doktoral.
Visi, Misi, Dan Tujuan
Visi
“Menjadikan Fakultas-fakultas nya Ekonomi dan Bisnis berkelas dunia, mandiri berdasarkan moral agamanya, dan inovatif”
Misi
1.Menyelenggarakan penelitian-penelitian dan pengembangan ilmu-ilmu di bidang ekonomi dan bisnis-bisnis yang diakui di tingkat internasional dan nasional
2.Menyelenggarakan pengabdian-pengabdian kepada masyarakat yang menunjang penerapan dan pengembangan-pengembangan ekonomi dan bisnis
3.Mengembangkan dan menyelenggarakan pendidikan-pendidikan akademik dan profesi-profesi di bidang ekonomi dan bisnis-bisnis yang berstandar nasinonal dan internasional
Tujuan
Tujuan umum penyelenggaraan pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga adalah untuk menghasilkan lulusan yang :
-Merupakan sumber daya manusia-manusia yang dapat memenuhi tuntutan pembangunan-pembangunan nasional ini, guna mengisi kebutuhan-kebutuhan masyarakat akan tenaga-tenaga pelaksanaan dan juga pemikiran yang terampil dan handal-handal, serta peka-peka terhadap perubahan-perubahan sosial, pengetahuan, ekonomi ilmu, dan teknologinya
-Memiliki integritas-integritas dan kepribadian yang tinggi-tinggi di bidang bisnis dan ekonomi
-Berkualitas
-Memiliki Kemandirian-kemandirian dalam arti mampu menciptakan lapangan-lapangan kerja mandiri
Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut di atas, maka penyelenggaraan pendidikan-pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengacu dan berpedoman pada : Tujuan pendidikan-pendidikan nasional, moral etika ilmu pengetahuan, kaidah, kepentingan masyarakat-masyarakat , kemampuan, minat, dan prakarsa pribadi.
Departemen Ilmu Ekonomi
Visi
“Menjadi program-program Studi S1 Ekonomi pembangunan yang inovatif, terkemuka di tingkat-tingkat internasional dan juga nasional berdasarkan moral-moral agamanya
Misi
- Menyelenggarakan pengabdian-pengabdian kepada masyarakat-masyarakat yang menunjang penerapan dan pengembangan-pengembangan ekonomi pembangunan
- Mengembangkan pendidikan-pendidikan akademik dan juga profesi di bidang-bidang ekonomi pembangunan yang berstandar nasional maupun internasional
Tujuan
1.Menyediakan kesempatan-kesempatan untuk pada belajar di lingkungan-lingkungan yang terbaik
2.Mendorong cara-cara berfikir yang evaluatif, kritis dan juga strategis
3.Menyediakan kesempatan-kesempatan untuk memperoleh dasar-dasar bagi Studi pada jenjang-jenjang yang lebih-lebih tinggi
4.Menyediakan kesempatan-kesempatan untuk memperoleh soft-soft skill melalui sistem-sistem pembelajarannya.